Saturday, May 20, 2017

TUGAS INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER


NAMA             : HARDIYANTO
NIM                 : 20152024
JURUSAN       : MANAJEMEN INFORMATIKA

1.       Mengapa kita membutuhkan prototipe system?
Sejak kebutuhan (Spesifikasi Fungsi) pada umumnya berhubungan dengan pandangan user terhadap sistem, hanya dengan prototipe tampilan bagi user sudah cukup untuk memeriksa yang dibutuhkan. Menu-menu, bentuk tampilan input, tampilan keluaran, atau laporan yang dicetak, pertanyaan-pertanyaan, pesanpesan merupakan calon yang ideal untuk prototipe.
Selain itu, perhitungan yang rumit, kumpulan update data dan realtime, dan sistem yang bersifat scientific sangat sulit untuk dijadikan model..

2.       Apakah sebenarnya tujuan dari prototipe system?
Tujuan dari prototipe sistem adalah untuk memecahkan masalah-masalah yang terjadi pada tipe-tipe tertentu dalam suatu sistem, seperti Kesalahpahaman antara pemakai dan pembuat mengakibatkan perubahan yang berarti atau sistem tidak akan pernah sempurna dalam pelaksanaannya atau sekaligus ditolak. Sehingga dengan adanya prototipe sistem hal-hal tersebut dapat diminimalisir.

3.       Sebutkan Apa yang kamu ketahui tentang jenis-jenis kesalahan yang sering terjadi pada suatu program komputer? Jelaskan disertai dengan contohnya.
·         Bug, adalah kesalahan atau error pada program komputer yang disebabkan oleh sistem operasi maupun program yang terinstal di dalamnya. Error ini bisa muncul karena kesalahan pemrogaman,baik kesalahan logis atau kesalahan pemrogaman yang memungkinkan sistem operasi hang atau crash . perlu diperhatikan bahwa bug antara dua program bersama-sama berinteraksi menghasilkan bug yang baru dan tak terduga.
·         Hang disebut hang jika komputer tidak reponsif oleh input user, atau dengan kata lain komputer menjadi beku dan tidak bereaksi ketika pengguna menginputkan sesutu ke komputer.
·         Crash, adalah istilah lain untuk komputer yang mati karena harddrive atauu driver yang tidak cocok. Crash biasanya lebih parah dari hang. Crash biasanya disertai dengan peringatan, pesan, atau perilaku aneh dari komputer.
Sebagai contoh ketika sistem audio di komputer anda error maka bisa jadi anda tidak menyadari kesalahan sampai anda mencoba tersebut sampai anda mencoba mengtak-atik file audio anda dan ternyata tidak muncul suara di komputer anda.

4.      Jelaskan Sifat dan Jenis help dan dokumentasi?
·         Sifat help dan dokumentasi yaitu?
1.       Availability. User dapat menggunakan bantuan pada setiap waktu selama berinteraksi dengan sistem. User tidak perlu keluar dari aplikasi selama bekerja untuk membuka aplikasi bantuan.
2.       Accuracy dan completeness. Bantuan ini seharusnya tersedia secara lengkap dan akurat.
3.       Consistency. Konsisten pada sistem yang ada, antara jenis online dan jenis tercetak, juga konsisten dari sisi content, terminologi dan bentuk presentasi.
4.       Robustness. Biasanya digunakan oleh orang yang sedang dalam kesulitan karena sistem mempunyai perilaku yang tidak diharapkan atau mempunyai kesalahan. 
5.       Flexibility. Flexibility membantu setiap user berinteraksi sesuai dengan keinginannya.
6.       Unobtrusiveness. Seharusnya tidak mencegah user dalam melanjutkan pekerjaannya atau terpengaruh dengan aplikasi user. Untuk menghindari ini digunakan presentasi pada layar yang terpisah.
·         Jenis help dan dokumentasi yaitu?
1.       Paper-based (tercetak)
Keunggulan menggunakan paper-based yaitu:
·         Pengguna dapat menggunakannya di luar masa pengerjaan tugas
·         Pengguna dapat menuliskan catatan tertentu yang diperoleh saat menjalankan sistem.
Kekurangannya yaitu :
·         Agak sulit mendeskripsikan sesuatu yang bergerak
·         Sulit menyesuaikan antara sesuatu yang dibaca dengan kenyataan sebenarnya di dalam sistem
·         Pengguna akan kesulitan membaca saat menjalankan sistem, karena kurang praktis
2.       Computer-based
Jenis computer-based yaitu :
·         Command assistance. Ditemui pada sistem DOS dan UNIX. Pengguna dapat menggunakan bantuan dengan mengetikkan parameter tertentu.
·         Command prompts. Jenis bantuan yang biasanya tampil bila pengguna melakukan kesalahan sederhana misalnya kesalahan sintaks
·         Context sensitive help. Jenis ini berbentuk menu based system yang menyediakan bantuan pada menu option.
·         Online tutorial. Mengijinkan user bekerja melalui aplikasi dasar dengan lingkungan percobaan. User dapat melihat kemajuan sesuai dengan kecepatan dan dapat mengulangi bagian dari tutorial yang dia inginkan. Kebanyakan tutorial online tidak mempunyai bagian intelligent, karena tidak mempunyai pengetahuan tentang user dan pengalaman user sebelumnya.
·         Online documentation. Jenis ini tersedia secara online di internet/ intranet, khususnya untuk aplikasi yang diproduksi secara massal.
·         Intelligent Help System. Dioperasikan untuk memonitoring aktifitas user dan mengkonstruksikan model sesuai dengan user. Model ini termasuk pengalaman, preferences, kesalahan user atau kombinasi dari semuanya.

No comments:

Post a Comment